Fitur Terbaru Honda ADV 160 Dijamin Pengin Beli!

Fitur Terbaru Honda ADV 160 Dijamin Pengin Beli!

Fitur Terbaru Honda ADV 160 Dijamin Pengin Beli!

Fitur Terbaru Honda ADV 160 Dijamin Pengin Beli! Fitur pada kendaraan bermotor adalah hal yang saat ini banyak dicari oleh orang-orang. Hal ini dikarenakan penyematan fitur dan teknologi terbaru mampu memberikan pengalaman lebih baik bagi para pengendara. Beberapa waktu lalu Honda ADV 160 dirilis dan menjadi daya tarik utama diantara persaingan motor skutik gede yang sudah menjadi trend.

motor terbaru besutan Honda ini tentunya membuat pada masyarakat kebingungan karena beberapa bulan sebelumnya Vario 160 dan PCX 160 sudah lebih dulu rilis. Untuk Anda yang masih menimbang-nimbang sebelum membeli motor baru tahun ini, maka ada baiknya untuk cek dulu beberapa fitur yang ditawarkan oleh ADV 160 yang disebut-sebut sebagai motor urban exploler pertama di Indonesia.

Apa saja fiturnya? Bagaimana cara kerjanya?

Berikut kami jelaskan satu persatu beberapa fitur unggulan dari ADV 160 khusus untuk Anda.

6 Fitur Unggulan Honda ADV 160 yang Sama Sekali Tidak Boleh Dilewatkan!

Ada banyak fitur yang disematkan pada Honda ADV 160, kami memutuskan untuk membahas 6 yang terbaik dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik khususnya untuk kalian yang terbiasa menempuh jarak 100 km lebih menggunakan motor.

1. Emergency Stop Signal (ESS)

Apa itu ESS motor? ESS merupakan fitur keselamatan untuk memberi tahu pengendara di belakang bahwa pengendara di depannya sedang melakukan pengereman mendadak atau panic braking. Tujuan utamanya disematkan ESS pada ADV 160 adalah untuk mencegah tabrakan dari belakang saat situasi sulit  tersebut terjadi.

Cara kerja ESS yaitu dengan memberikan sinyal darurat berupa mengedipkan semua lampu sein secara cepat ketika pengendara melakukan pengereman mendadak.

Perlu dipahami ada beberapa situasi yang menyebabkan fitur ESS ini bisa berfungsi dengan sebagaimana mestinya, adapun ketentuan penggunaan fitur tersebut yaitu

Kondisi ESS bekerja

  • Kecepatan 50 km/jam atau di atasnya
  • Deselerasi atau pengereman mendadak yaitu sekitar atau lebih dari 6 meter per detik
  • ESS bekerja jika tuas rem ditekan

Kondisi ESS tidak bekerja

  • Kecepatan motor di bawah 50 km/jam
  • Deselerasi atau pengereman tidak mendadak, yaitu kurang dari 2,5 meter per detik
  • ESS tidak akan bekerja jika tuas rem sudah selesai dilepas

2. HSTC (Honda Selectable Torque Control)

HSTC merupakan fitur lainnya yang disematkan pada ADV 160. HSTC dapat memberikan rasa aman dan nyaman saat sedang melintasi jalan yang licin karena hujan atau kondisi tertentu. Kegunaan dari fitur ini yaitu untuk memastikan ban belakang tidak selip.

Bagaimana cara kerja HSTC pada ADV 160?

Pertama-tama ECU akan mengendalikan volume bahan bakar untuk menjaga agar kecepatan putar roda belakang tetap sama dengan roda depan. Kemudian, saat ECU mendeteksi kecepatan kedua roda berbeda, yakni kemungkinan putaran roda belakang lebih cepat, maka ECU akan men-trigger untuk memulai kinerja traction control.

Pada saat yang sama ECU akan mengkalkulasi target torsi yang sesuai, kemudian mengurangi volume injeksi bahan bakar sesuai target torsi yang sudah ditentukan. Maka hasilnya saat HSTC bekerja mengurangi torsi mesin dan lampu HSTC di digital panel ADV 160 akan berkedip sebagai tanda bahwa fitur ini sedang aktif.

3. ESP+ (Enhanced Smart Power Plus)

ESP+ merupakan teknologi motor terbaru yang berdampak langsung terhadap performa dan efisiensi bahan bakar. Dengan penyematan fitur eSP+ ini Honda ADV 160 semakin bertenaga namun secara konsumsi BBM tetap irit khas pabrikan Honda sejak lama. Penggunaan 4 katup dengan rasio kompresi yang tinggi mampu memberikan power yang lebih bagi ADV 160 untuk melesat di jalanan. Mesin eSP+ juga sudah disematkan Piston Oil Jet yang menyemprotkan oli mesin ke sisi belakang piston. Efeknya pendinginan menjadi lebih efisien serta mencegah pembakaran awal yang bisa terjadi kapan saja.

4. Digital Panel Mater

Setiap pengendara pastinya ingin selalu waspada dan mengetahui kondisi motor secara keseluruhan. Melalui adanya digital panel mater informasi yang ditampilkan jauh lebih lengkap dibandingkan versi analog biasa. Adapun beberapa hal yang bisa kalian cek pada digital panel mater antara lain Smart Key indicator, HSTC Indicator, Oil Change Indicator, Battery Indicator, Idling Stop Indicator, Trip Meter, Fuel Consumption Indicator, RPM, Trip Duration, Jam Digital, dan ABS Indicator (*ABS dan HSTC Indicator hanya tersedia untuk tipe ABS).

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak lagi fitur-fitur ADV 160 yang belum sempat kami jelaskan seperti penyematan windscreen yang bisa diatur tanpa buka baut, lampu yang sudah full LED dengan DRL, adanya USB charger dengan daya maksimal 5V 2.1A, bagasi super gede hingga 30 liter, dan lain-lain.

Jelas sekali ADV 160 cocok untuk menjadi partner berkendara khususnya yang sering melakukan perjalanan jauh dan berpetualang di akhir pekan. Dengan mesin yang tangguh motor ini siap diandalkan di berbagai kondisi jalan. Jadi bagaimana tertarik untuk membawa pulang ADV 160? ( SUMBER )